5 Tanda Di Kaki ini Bisa Menjadi Indikasi Gejala Penyakit Serius Lho, Chek Kakimu sekarang Juga!

Rubrik-sehat.com ~ Kaki menjadi salah satu anggota yang kurang diperhatikan. Namun ternyata, penyakit bisa dideteksi melalui kondisi kaki dan kukunya. Bagaimana bisa?

Dilansir dari Boldsky, kaki dapat menggambarkan kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh, sebab kaki mempunyai titik kesehatan yang terlihat. Sebagian penyakit seperti diabetes, tiroid, serta penyakit jantung bisa terlihat dari kaki bahkan sebelum Anda pergi memeriksakannya ke dokter.

Berikut kondisi kaki dan indikasi penyakit yang menyertainya:

1. Kaki kering
Bila mengalami kaki kering, mungkin saja Anda menduga bahwa Anda kurang memoleskan pelembap. Tetapi sesungguhnya bila kaki Anda kering serta pecah-pecah kulitnya artinya ada sinyal permasalahan tiroid. Permasalahan tiroid yang terkait dengan kelenjar tiroid ini umumnya akan membuat penderitanya gampang letih, lesu, naiknya suhu badan, serta sistem metabolisme badan yang tidak lancar.

2. Luka yang tak kunjung sembuh
Bila ada luka di kaki yang tak kunjung sembuh mungkin saja itu gejala diabetes. Karena tingkat gula darah yg tidak teratasi pada badan akan mengakibatkan aliran darah juga jelek terlebih dibagian kaki. Saat darah tak meraih luka itu, jadi luka jadi tak kunjung sembuh.

3. Timbul nyeri di kaki
Nyeri yang berlangsung di kaki umumnya dikarenakan oleh tingginya purin dalam tubuh. Purin bisa menyebabkan penambahan asam urat pada badan yang menyebabkan nyeri atau linu. Senyawa purin ini umumnya ditemukan dalam daging merah, alkohol, serta ikan.

4. Adanya garis merah di bawah kuku kaki
Timbulnya garis merah dibawah kuku kaki Anda yaitu tanda utama dari infeksi jantung. Garis merah ini nampak karena pembuluh darah yang rusak sebab pembuluh darah dan aliran darah sangat berkaitan dengan kesehatan jantung. Mereka yang tengah melakukan kemoterapi atau pasien HIV kerap mengalami hal semacam ini.

5. Bengkak di seputar kuku kaki
Bengkak di seputar kuku kaki atau yang disebut dengan clubbing merupakan gejala timbulnya kanker paru. Selain kanker paru, clubbing juga umumnya dihadapi mereka yang mempunyai permasalahan dengan penyakit jantung, atau penyakit usus.
Oleh karena itu mulai sekarang, cobalah cermati perubahan sekecil apapun kondisi kaki Anda. Sebab sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan sekarang ini.

Semoga bermanfaat!


Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android