Jari Tangan pun Bisa Menjadi Penolong Saat Kacamata Tertinggal, Ayo Di Coba!

Rubrik-sehat.com ~ Bagi yang memiliki mata minus pasti sangat bergantung dengan kacamata maupun kontak lens supaya bisa melihat secara ‘normal’.

Tapi ketika kacamata Anda tertinggal atau susahnya memasang kontak lense ke mata, pasti kesalnya bukan main bukan?

Aktivitas apapun jadi terganggu karena penglihatan yang terbatas tanpa alat bantu. Sebaiknya jangan kesal dulu deh. 

Sebenarnya ada cara sederhana yang mampu mengatasi kesusahan membaca bagi kamu pemilik mata minus. Pakai saja jari Anda. Tidak percaya?

Jari tangan ternyata bisa menggantikan fungsi kacamata untuk melihat. Caranya pun mudah. Anda hanya membuat celah dari jari telunjuk maupun jempol.

Setelah itu Anda bisa melihat dan membaca dengan jelas tulisan-tulisan yang kecil dari sela-sela lubang tersebut.

 Bagaimana bisa ya?

Hal ini disebabkan karena jari-jari yang membentuk celah tersebut akan memblok cahaya yang datang sehingga cahaya yang masuk cuma dari lubang kecil dari jari tersebut.

Pembuktian ini mirip dengan prinsip kerja Pinhole Camera, dimana dengan lubang yang kecil itu mata akan meningkatkan Depth of Field dengan cara membatasi jumlah sinar cahaya yang masuk ke mata.

Dengan metode ini, cahaya mampu menekan retina secara langsung sehingga penerimaan gambar menjadi lebih jelas. Sudah tahu kan manfaatnya? Walau sudah menemukan alternatifnya, jangan sering  ketinggalan kacamata ya! [Rubrik-sehat.com/ Brilio]

Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android