Hentikan Tidur dalam Kondisi TV Menyala, Begini Bahaya yang Mengintai

Rubrik-sehat.com  ~ Masih suka tidur dalam kondisi TV lupa dimatikan?  Sepertinya kebiasaan ini harus Anda hentikan sesegera mungkin. Karena, tidur saat TV menyala dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Dilansir dari Dailiy Mail, pakar masalah tidur dari London, Guy Meadows mengatakan, tubuh manusia itu memang diciptakan untuk tidur dalam kondisi gelap. Ketika matahari muncul, sensor penerima cahaya di retina mata memberi rangsangan pada otak untuk terbangun dengan cara membuang hormon melatonin.

Penting diketahui, cahaya yang muncul dari televisi di kamar tidur dapat mengurangi produksi hormon melatonin yang dapat menyebabkan kantuk. Kurangnya produksi melatonin inilah yang memicu gangguan tidur. Kurangnya produksi melatonin juga dapat menimbulkan perasaan yang tidak menyenangkan dan kelelahan di pagi hari.

Selain itu, efek lainnya adalah terganggunya prefrontal cortex di otak yang berpengaruh terhadap rasionalitas. Akibatnya, orang tersebut akan cenderung bertindak lebih emosional di pagi harinya. Parahnya lagi bila kebiasaan tidur dengan TV menyala dibiarkan selama jangka panjang akan membuat seseorang mudah depresi.  Jadi, mulai sekarang biasakan mematikan TV sebelum tidur agar Anda terhindar dari risiko tersebut.

Jadi begitu Anda mengantuk segera matikan TV. Hal ini untuk menghindari penurunan resiko kesehatan pun yang anda alami cepat atau lambat.
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android