Bayi Sering Menangis dan Rewel Sebelum Tidur? Lakukan Cara ini Bunda untuk menenangkannya

Rubrik-sehat.com ~ Tidur yaitu aktivitas yang begitu krusial untuk perkembangan bayi. Pola tidur bayi juga berbeda-beda sesuai dengan tingkatan umurnya. Bayi biasanya memiliki pola tidur yang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa maupun dengan anak-anak batita.

Bayi yang baru dilahirkan biasanya akan mengisi hari-harinya dengan tidur. Bayi baru akan terbangun ketika dia merasakan lapar, terganggu, pipis atau buang air besar.

Tetapi, jika bayi sering menangis dan rewel setiap mau tidur meskipun tidak ada gejala sakit tentu tetap akan sangat mengganggu kesehatan karena kualitas tidurnya yang buruk. Lalu bagaimana caranya menenangkannya? Berikut tips yang ditulis yang dikutip dari Kamus Perkembangan Bayi & Balita :

1. Jika Si Bayi menangis waktu tidur, biarlah ia menangis dalam periode yang cukup panjang. Ini yaitu taktik agar ia menyerah serta tidur kembali dengan sendirinya. Meski awalnya Anda mungkin cemas, lama kelamaan Anda bakal terbiasa serta cara ini terbukti cukup efisien.

2. Letakkan bayi ditempat tidur serta duduklah dengan tenang di sampingnya waktu ia menangis. Tunggu hingga ia tertidur. Perlahan, beranjaklah menjauh dari tempat tidurnya.

3. Setelah ia telah lebih tenang, Anda bisa berikan kecupan di pipinya serta berjanjilah bakal kembali dalam 1 menit untuk berikan kecupan lagi. Sesudah cukup lama, Anda dapat kembali memeriksanya. Cara ini dilakukan supaya bayi terasa tenang serta yakin Anda tidak akan meninggalkannya.

4. Yakinkan Si Bayi kalau Anda selalu ada di sisinya serta jelaskan kalau ini yaitu waktu tidur. Temani ia hingga benar-benar tertidur. Bila ia belum tidur, janganlah meninggalkannya, karena ia justru bakal takut serta tangisnya semakin menjadi.



5. Membedong bayi
Bedong bayi adalah salah satu cara efektif untuk menenangkan bayi yang menangis. Pada banyak kasus, setelah dibedong bayi yang sedang menangis akan langsung berhenti.

6. Memindahkan posisi
Dengan memindahkan posisi bayi, dan menempatkan kepala bayi ke arah siku tangan Anda, memberikan posisi yang nyaman pada bayi. Cara ini terbilang praktis untuk menenangkan bayi yang sedang menangis.

Banyak ibu merasa cara ini memiliki manfaat ganda. Selain dapat menghentikan tangisan bayi, posisi memeluk ini membuat hubungan batin dengan bayi semakin kuat.

7. Memberikan empeng
Bayi terlahir dengan kebutuhan alami untuk mengisap, salah satunya dilakukan dengan cara menyusu pada ibu. Nah, jika bayi masih juga menangis, coba lakukan alternatif lain, yakni memberikan empeng. Namun, Anda perlu waspada karena pemberian empeng bisa memberikan dampak tidak baik kepada bayi. Salah satunya,  bayi mengalami bingung puting,  terutama pada bayi yang biasa diberikan ASI. Jadi, jangan terlalu sering menggunakan empeng untuk menenangkan bayi.

8. Memijat kaki
Memijat kaki bayi yang sedang menagis  juga disinyalir sebaga salah satu cara ampuh untuk meredakan tangisan. Saat melakukannya, cobalah sesekali berikan kelitikan halus pada telapak kaki untuk merangsang bayi tertawa.

9. Membuat bunyi “ssshh”
Umumnya semua bayi memiliki respon yang tanggap akan bunyi “ssshh”, tapi Anda harus mengeluarkan suara yang ekstra lembut dan halus, agar menciptakan kondisi yang tenang.

Selamat mencoba bunda, semoga si buah hati tidak rewel lagi.
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android