Mengatasi Bau Mulut yang Sangat Menggangu Secara Alami

Mengatasi Bau Mulut Mulut yang Sangat Menggangu Secara Alami
Rubrik-sehat.com ~ Gangguan bau mulut atau dalam istilah medis disebut  sebagai halitosis merupakan jenis gangguan yang menyebabkan penderitanya merasa tidak percaya diri. Gangguan ini diderita oleh setengah dari populasi di dunia dengan berbagai tingkat keparahannya.

Bau mulut mengganggu orang-orang yang ada di sekitar penderita. Sebagian besar penderita bau mulut tidak menyadari bahwa mereka mengalami gangguan ini sampai seseorang memberitahukan langsung kepada mereka. Tentu ini sangat memalukan.
Jika anda atau orang terdekat anda mengalami bau mulut, jangan khawatir. Hal itu bisa diatasi dengan cara-cara di bawah ini:

1. Gunakan obat kumur

Obat kumur yang ada di pasaran umumnya mengandung natrium klorit. Natrium klorit biasa disebut sebagai klorin dioksida. Para peneliti mengklaim bahwa obat kumur ini bisa mengatasi bau nafas selama 6 jam. Sebuah riset membuktikan bahwa natrium klorit hanya bisa mengatasi bau mulut mulai 4-42 menit saja.

Sejumlah produk seperti SmartMouth mengandung sodium klorit yang dicampur dengan seng klorida. Zinc pada SmartMouth bisa memproduksi gas yang memblokir situs reseptor asam amino mereka. Sedangkan produk yang lain yaitu Biotene menggunakan dua macam enzim yang bisa memecahkan biofilm dan menyeimbangkan populasi bakteri dalam mulut.

2. Terapi herbal

Salah satu cara untuk mengatasi bau mulut adalah dengan memakai minyak esensial seperti papermint, eucalyptus, thyme dan wintergreen. Sebuah studi mengatakan bahwa herbal mengurangi plak dan peradangan yang bisa menyebabkan halitosis.

Studi lain yang dipublikasikan dalan jornal of clinical periodontology melaporkan bahwa menggunakan obat kumur herbal bisa mengurangi keberadaan s.mutans, bakteri penyebab karang gigi. Minyak ini bisa mencegah bau mulut 3 jam lamanya.

3. Kesehatan gusi berpengaruh pada mulut

Salah satu penyebab bau mulut adalah adanya penyakit pada gusi sehingga terdapat ruangan antara gigi dengan gusi. Ruangan ini memungkinkan makanan bisa terjebak. Kasus yang parah yaitu orang bisa mengalami kehilangan darah karena gusi berdarah. Bau mulut juga bisa muncul dari pembusukan darah.

Sangat penting menjaga kebersihan mulut. Selain itu, bau mulut bisa disebabkan karena konsumsi obat-obatan yang bisa menyebabkan mulut kering akibat senyawa kimia sintesis.

4. Ramuan Herbal Dengan Daun Beluntas.

Cara membuatnya yaitu daun beluntas terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Kemudian daun beluntas tersebut dikukus. Lalu dikonsumsi untuk lalapan.

Teknik alami lain yang dapat memperbaiki kesehatan mulut adalah minyak kelapa terapi . Tradisi India Ayurvedic kuno ini dilakukan dengan mendesis-desis minyak di mulut Anda, “menarik” di antara gigi Anda selama 20 sampai 30 menit. Praktek ini dikatakan untuk membunuh bakteri patogen, memperbaiki kebersihan mulut yang optimal, dan detoksifikasi system.Jika Anda memutuskan untuk mencoba ini, saya sarankan menggunakan minyak kelapa.

Selamat mencoba!
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android