Ini Bahaya Yang mengintai jika Hobby Konsumsi Mie Instan, No.2 Paling Sering Dirasakan

Rubrik-sehat.com ~ Mie instan merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di tanah air. Selain praktis, mie instan juga dianggap sebagai pengganti terbaik dari makanan berat. Berdasarkan data yang dihimpun oleh World Instant Noodle Association, pada tahun 2015, Indonesia, Jepang dan China merupakan negara-negara konsumen mie instan tertinggi di dunia.

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika kita mengkonsumsi mie instant apalagi kalau terlalu sering. Salah satu yang harus menjadi pusat perhatian adalah soal dampak mie instan terhadap kesehatan.

Dikutip dari healthbenefitsof.com, berikut efek negatif konsumsi mie instan:

1. Merusak pencernaan
Salah satu permasalahan kesehatan akibat mie instan adalah merusak pencernaan. Menurut penelitian, terlalu sering makan mie instan bisa menyebabkan diare, sembelit, sakit perut, meningkatnya asam lambung, kembung sampai permasalahan lambung lainnya.

2.Meningkatnya tekanan darah
Mie instan juga bisa meningkatkan tekanan darah. Ini karena mie instan mengandung natrium yang bisa merusak ginjal serta menyebabkan retensi cairan yang ada di tangan dan kaki.

3.Menurunkan kerja metabolisme
Terlalu sering makan mie instan juga bisa menurunkan kinerja metabolisme. Makan mie instan bisa menyebabkan akumulasi racun pada tubuh yang bersumber dari zat penambah rasa, pewarna, dan pengawet yang ada di dalamnya.

4.Menyebabkan kanker
Pengawet pada mie instan juga bisa menyebabkan kanker.

5.Kerusakan liver
Terlalu sering makan mie instan bisa juga merusak kesehatan liver. Hal ini karena mie instan mengandung zat anti beku yang bisa merusak ginjal dan liver.

6.Peningkatan berat badan
Berat badan juga bisa meningkat karena mie instan terbuat dari karbohidrat. Selain itu mengandung banyak zat aditif seperti garam, MSG dan penguat rasa yang lainnya. [Rubrik-sehat.com/ Berbagai Sumber]
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android