Gemuk Setelah Menikah itu Tanda Bahagia, Ini Kata Ahli

Rubrik-sehat.com ~ Banyak orang berpendapat bahwa gemuk di usia dewasa dan paruh baya merupakan tanda dari kesejahteraan dan kebahagiaan. Anggapan ini ada benarnya lho khususnya bagi mereka yang sudah menikah. Penelitian menunjukkan bahwa gemuk setelah pernikahan pertanda bahwa pernikahan berlangsung dengan penuh kebahagiaan.

Pengantin baru yang sudah menikah 4 tahun lamanya menjadi obyek penelitian beberapa peneliti. Mereka bisa menyimpulkan bahwa semakin seseorang merasa bahagia dengan pernikahannya maka kenaikan berat badan akan semakin pesat.

“Sudah umum bahwa pernikahan itu jika dikaitkan dengan penambahan berat badan dan kalau perceraian sebanding dengan penurunan berat badan,” ujar peneliti Andrea Meltzer, seorang asisten profesor psikologi di Southern Methodist University seperti dikutip Rubrik-sehat.com dari laman Detik.com.

Dalam penelitian tersebut, Meltzer telah mengumpulkan 169 pasangan muda. Semuanya sudah menikah 6 bulan lamanya dan dipantau selama 4 tahun. Sang suami umumnya berusia 25 tahun sedangkan rata-rata umur istri 23 tahun. Informasi tentang kepuasan yang diperoleh dari pernikahan dan berat badan pasangan sudah dikumpulkan dalam 8 kesempatan yang berbeda.

Hasil analisa menunjukkan bahwa pernikahan  yang positif berpengaruh pada kenaikan berat badan. Pasangan menikah yang puas dengan pernikahannya cenderung berat badannya bertambah drastis. Sedangkan yang pasangan yang tidak bahagia dengan pernikahan yang dijalaninya cenderung mengalami penurunan berat badan.

Hubungan ini tetap ada meskipun faktor kehamilan pada sang istri juga sudha diperhitungkan.

Meltzer menjelaskan pasangan yang kurang puas mengalami penyusutan berat badan karena memikirkan perceraian. Selain itu, pasangan yang tidak puas dengan pernikahannya juga berusaha menjaga berat badan idealnya dengan tujuan menarik perhatian pasangan yang baru.

Orang yang telah selesai dengan mencari pasangan tidak lagi peduli dengan berat badannya. Strategi pemeliharaan berat badan ini biasanya dimotivasi oleh keinginan menarik pasangan.Ini berlaku pada pria dan wanita. [Rubrik-sehat.com/ detik]
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android