Terungkap 7 Hal Penyebab Ketiak Hitam, No. 5 Paling Sering Banget Dilakukan

Rubrik-sehat.com  ~ Ketiak Hitam? Tentu mengurangi percaya diri. Bahkan saat di rumah mau pakai tank top rasanya malu sendiri. Ketiak hitam ternyata bisa bermacam-macam penyebab dan yang sering tidak kita sadari.

Bahkan aktivitas sehari-hari menjadi penyebab ketiak hitam itu sendiri. Dilansir dari Boldsky, setidaknya ada tujuh penyebab utama ketiak hitam, apa saja?

1. Kebiasaan Mencukur
Kebiasaan mencukur ketiak memang mengakibatkan ketiak menghitam. Itu karena mencukur bisa membuat kulit iritasi dan membuat warna kulit berubah.

2. Acanthosis Nigricans
 Acanthosis Nigricans adalah kondisi di mana kulit menjadi gelap, tebal seperti beludru pada bagian tubuh yang berkerut dan melipat seperti area selangkangan, leher, dan ketiak. Penyebabnya bisa karena kelebihan berat badan atau tingginya kadar insulin dalam darah seperti pada pengidap diabetes tipe 2.

3. Hormon yang Tidak Seimbang
Seseorang dengan hormon yang tak seimbang atau punya gangguan hormon seperti hypothyroidism dan Addison's disease lebih rentan mengalami masalah ketiak hitam.

4.Jarang Melakukan Eksfoliasi
Eksfoliasi adalah metode pengangkatan sel-sel kulit mati serta kotoran pada ketiak.Kotoran dan sel kulit mati berasal dari banyaknya kadar kerinat dan ketiak. yang akan berdampak pada perubahan warna ketiak jadi hitam.

5.Penggunaan Deodoran
Walaupun bisa mengurangi keringat dan bau ketiak.Penggunaan deodoran atau bedak anti keringat yang berlebihan bisa memberi dampak negatif pada ketiak, karena terjadi penumpukan bahan kimia ini bisa membuat ketiak jadi menghitam.

6.Infeksi karena Bakteri
Eritrasma merupakan infeksi pada lapisan kulit paling atas yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium minutissimum.Kondisi ini bisa membuat warna kulit berubah atau jadi kehitaman.

7.Waxing yang Berlebihan
Bulu ketiak memang menggangu juga, untuk it banyak orang melakukan waxing untuk menghilangkannya. Namun dalam sejumlah kasus, waxing bisa membuat warna kulit ketiak berubah. Apalagi jika proses waxing tak dilakukan dengan benar, sel-sel kulit di area ketiak bisa rusak.

Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa di share ya!
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android