Konsumsi 8 Jenis Makanan ini Agar Terhindar Dari Kanker Payudara

Rubrik-sehat.com ~ Kanker payudara tercatat sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia menurut dari data Kementerian Kesehatan. Penyakit ini tentu sangat mengancam Bunda, ya. Beberapa ahli mengatakan kanker payudara disebabkan oleh faktor keturunan dan lingkungan.

Namun, ada beberapa jenis makanan pencegah kanker payudara yang bisa Bunda konsumsi untuk mengurangi resikonya. Apa saja?

1. Kacang
Kacang merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin E. Jenis makanan ini dapat mencegah kanker payudara dengan cara menjadi penghalang antara zat berbahaya. Dengan pengolahan yang tepat, kacang juga dapat melindungi Mama dari penyakit jantung dan diabetes.

2. Brokoli
Sayuran ini memang menjadi salah satu sayuran yang paling punya banyak manfaat. Ia mengandung banyak serat, kalsium, serta vitamin C, sehingga dianggap dapat dikategorikan sebagai makanan pencegah kanker payudara. Selain itu, brokoli juga sangat mudah untuk didapatkan. Mama bisa mengolahnya jadi sayuran tumis atau salad.

3. Bawang putih
Meski baunya tak sedap, bawang putih mengandung zat pelawan kanker yang disebut allicin. Zat ini mampu membantu mengurangi setiap peradangan yang muncul di tubuh Mama. Ia juga punya fungsi antioksidan yang sama seperti brokoli.

4. Buah beri

Strawberry, raspberry, blueberry, dan blackberry menjadi deretan makanan pencegah kanker payudara yang kaya akan vitamin C. Antioksidan juga menjadi kandungan terpenting dalam buah beri. Selain itu, buah-buahan ini juga memiliki rasa yang enak.

5. Anggur

Tahukah Mama sebutir anggur jauh lebih bermanfaat ketika dimakan dengan kulitnya? Kulit anggur memiliki kandungan yang bernama resvetarol. Kandungan ini dapat menjadi pencegah sel kanker  terutama yang tumbuh di sekitar payudara.

6. Kunyit
Kunyit merupakan salah satu rempah yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Ternyata, kunyit memiliki bahan aktif yang bernama kurkumin. Bahan ini mengandung antioksidan yang dapat mencegah sel kanker.

7. Labu
Labu mengandung serat yang tinggi serta rendah kalori. Selain itu, labu sangat kaya akan vitamin C, vitamin E, kalium dan magnesium. Zat karotenoid yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi risiko kanker. Penyakit katarak juga dapat dicegah oleh karotenoid. Labu yang direbus menjadi rekomendasi makanan ringan untuk Mama.

8. Lemon
Siapa sangka lemon bisa menjadi makanan pencegah kanker payudara? Rasanya sangat segar, dan kulitnya mengandung terpen yang dapat mencegah kanker. Lemon bekerja dengan mencegah pembelahan sel kanker. Mama bisa mencampurkan lemon yang telah dipotong-potong ke dalam air putih untuk diminum. Atau, parut kulitnya dan campurkan dalam aneka adonan cake dan cookies. Sekadar info, kulit lemon berkhasiat menurunkan kadar kolesterol lo, Bunda!
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android