Menyusui Ternyata Bisa Mengurangi Resiko Kanker Payudara dan Rahim, Ini Penjelasan Ahli

Rubrik-sehat.com ~ Anjuran bagi seorang ibu untuk menyusui banyak diabaikan karena sang ibu takut bentuk badannya akan berubah menjadi buruk. Namun tahukah Bunda jika menyusui juga membawa dampak yang baik bagi ibu yang menyusui? Ada keuntungan yang luar biasa dari menyusui yaitu mencegah terjadinya kanker payudara dan kanker rahim.

Penelitian menujukkan bahwa wanita yang menyusui akan terhindar dari pengaruh buruk hormon estrogen. Ini mengingat kanker payudara disebabkan menumpuknya hormon estrogen dalam tubuh. Penumpukan estrogen ini menyebabkan pembengkakan pada payudara dan pembusukan pada rahim. Menyusui adalah proses hormonal yang bisa menekan kadar hormon estrogen.

Menyusui bukan hanya baik bagi anak namun juga ibu. Penelitian terhadap 60.075 yang baru melahirkan dan turut berpartisipasi dalam studi Nurse’s Health Study yang berlangsung antara tahun 1997-2005 menyimpulkan kebaikan menyusui bagi ibu.

Pada akhir Juni 2005, ada 608 wanita yang menderita kanker payudara pada usia 46 tahun. Selain itu, para peneliti juga melaporkan bahwa wanita yang memiliki riwayat keluarga menderita kanker payudara resikonya akan berkurang sampai 59% jika menyusui bayinya.

Menurut penelitian tersebut, jika seorang wanita tidak menyusui maka jaringan pada payudaranya akan kembali seperti ketika hamil dulu dan ini bisa memicu peradangan. Peradangan yang terjadi bersifat sangat progresif dan diketahui berhubungan dengan kanker payudara.

Secara umum, menyusui juga baik bagi kesehatan. Di antaranya yaitu bisa mengurangi perdarahan setelah persalinan, mempercepat pengecilan pada rahim, menunda masa subur, mengurangi anemia, mencegah kanker rahim serta kanker payudara serta membantu ibu menjadi lebih langsing.

Para peneliti dari University of Pittsburgh melaporkan dalam Jurnal Obstetri dan Ginekologi bahwa wanita yang menyusui lebih dari 12 bulan laamnya bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung sampai 10%. [Rubrik-sehat.com]
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android