Waspada! Kutu Rambut Super ini Sedang Mewabah

Rubrik-sehat.com ~ Rambut berkutu  mungkin sudah biasa. Tapi pernahkah anda mendengar tentang kutu super? Kutu super adalah kutu yang resisten terhadap obat kutu yang dijual bebas di pasaran. Kutu super kini sedang menjadi wabah dan menyebar di Amerika Serikat.

Penelitian dalam Journal of Medical Entomologi menunjukan bahwa kutu super tahan terhadap obat kutu pada umumnya sehingga sangat gampang untuk mewabah. Tercatat 48 negara bagian AS terkena wabah kutu ini dalam waktu relatif singkat.

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit merekomendasikan orang dewasa untuk menggunakan obat penghilang kutu seperti Pronto, A-200, R&C, Triple X, Licide dan Rid. Semuanya mengandung pyrethrins dan kombinasi dengan piperonil butoksida.

Penelitian menyimpulkan bahwa kutu tersebut dikumpulkan dari 138 lokasi di AS dan memiliki resistensi AELLE frekuensi (RAF) 98%. Artinya kutu-kutu itu tahan dengan obat yang disebut knockdown resistensi (KDR). Mereka melakukan perlawanan terhadap piretroid.

“Jika terjadi pada anak-anak, saya menyarankan orang tua untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak dan spesialis kulit sebelum mengambil obat kutu yang umum digunakan supaya mendapatkan penanganan yang tepat,” ujar penulis Dr Kyong Yoon, profesor ilmu biologi.

“Kutu dengan KDR dilaporkan pada tahun 2000 pertama kalinya dan sekarang kutu tersebut mempunyai sifat ketahanan di mana-mana di Amerika Serikat,” ungkap Yoon.

“Peneliti harus menerapkan strategi yang mengelola resistensi untuk menekan dan mencegah kutu berkembang sehingga resisten terhadap bahan kimia yang baru. Kutu sangat mudah menyebar ke negara yang lain seperti nyamuk.”

Sumber: Kompas.com


Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android