Kepikiran Gak Sih Kenapa Jari Tanganmu Bisa Keriput Saat Terkena Air? Ternyata ada Alasan Tersembunyi Yang Mengejutkan

Rubrik-sehat.com ~ Tubuh merupakan susunan dari siklus biologi yang sangat kompleks dan rumit, sehingga sangat sulit bagi manusia untuk mengerti akan tubuh mereka sendiri. Untuk hidup di dunia yang penuh tantangan ini, tubuh harus mampu untuk melindungi kita setiap saat dan setiap waktu. Walaupun menyebalkan, tujuh tanda ini adalah wujud perlindungan tubuh Anda. Berikut ulasannya:

1. Menguap 

Menguap memang mengganggu saat kita beraktivitas. Apalagi tampak tak sopan bila menguap di hadapan orang lain. Sebenarnya menguap bertujuan untuk ‘mendinginkan’ otak yang sudah bekerja terlalu keras dan kepanasan.

2. Bersin

Bersin me
mang adalah suatu hal yang sangat menyebalkan dan mengganggu, apalagi kalau bersinnya tak bisa berhenti. Namun sebenarnya, ketika Anda sedang bersin, tubuh sedang membersihkan debu dan kotoran yang masuk ke alat pernafasan. Hebat ya?

3. Menggeliat

Sadar atau tidak sadar, otomatis kita menggeliat setiap pagi bukan? Kenapa ya? Tubuh kita sangat pintar. Ia tahu bahwa kita sudah harus beraktivitas seharian sehingga ia memaksa kita untuk menggeliat. Menggeliat dapat mempersiapkan otot, melancarkan peredaran darah dan meningkatkan mood.

4. Cegukan

Cegukan juga mengganggu aktivitas. Tetapi cegukan ternyata menandakan bahwa kita kurang mengunyah makanan sampai halus, atau makan terlalu cepat. Jika Anda sudah cegukan, segera perbaiki sikap makan, karena makan terlalu cepat atau menelan makanan berukuran besar dapat mengganggu kerja alat pencernaan.

5. Keriput pada kulit jari.
Ketika berada dalam kolam reangbterlalu lama atau kedinginan. Kulit pada setiap ujung jari akan berkerut. Hal ini menunjukkan saat terkena air, kulit bisa langsung mendeteksi bahwa Anda sedang berada dalam lingkungan yang berair dan licin, sehingga ia pun mengeriputkan diri agar Anda bisa lebih mudah mencengkram permukaan yang licin.

6. “Hilang ingatan”

Tanpa disadari, ternyata otak memiliki kemampuan untuk “menghapus memori buruk” agar Anda tak selalu tenggelam dalam masa kelam. Keren banget kan?

7. Air mata

Sebenarnya air mata memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu mengontrol emosi. Saat air mata keluar, pasti Anda akan merasa lebih lega bukan? Ya, tubuh bisa mengerti saat pemiliknya sedang depresi, sehingga ia pun langsung membuatmu mengeluarkan air mata untuk meredakan rasa sakit Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus sangat menghargai dan berterima-kasih pada tubuh kita dengan menjaganya agar selalu sehat. [Rubrik-sehat.com/ Sumber: ]
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android