Inilah 8 Manfaat Lain Sabun Cuci Cair Yang Jarang Diketahui

Rubrik-sehat.com ~ Apakah anda termasuk orang yang suka mencuci piring dengan sabun cair? Jika iya, ternyata sabun cuci piring yang cair punya banyak manfaat. Salah satunya adalah membersihkan noda-noda membandel yang sering ditemui. Ya, sabun cair cuci piring memang mempunyai daya merontokan lemak yang luar biasa dan lebih kuat dibandingkan dengan jenis-jenis sabun yang lainnya.

Umumnya kita hanya tahu sabun cuci cair digunakan sebatas untuk mencuci piring dan perabot dapur lainnya. Namun ternyata ada manfaat lebih yang menakjubkan jika Anda tahu sedikit trik dan tips bagaimana cara menggunakannya. Berikut noda-noda yang bisa dibersihkan dengan sabun cuci cair:

1. Noda lengket di baju

Rasanya menjengkelkan jika ada noda tumpahan makanan yang menempel di baju kesayangan. Tetapi dengan sabun cair cuci piring bisa bersihkan noda membandel itu. Caranya, gosokkan sedikit sabun cuci piring yang cair pada bagian yang trekena noda. Bilas dengan air sampai bersih.

Cara ini juga bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel pada kerah kemeja. Sabun cuci piring ternyata cukup lembut juga digunakan pada pakaian yang berbahan sutra dan wol sekalipun.

2. Bersihkan lantai dan kamar mandi

Ingin bersihkan noda membandel di lantai dan kamar mandi? Pakai air hangat dan dua sendok makan sabun cuci piring cair. Sabun ini bisa dipakai untuk membersihkan lantai yang menggunakan bahan keramik atau vinyl. Tetapi hindari penggunaan di lantai yang berbahan kayu karena akan merusak bahan.
Bersihkan perabotan luar ruangan

Teteskan sabun pencuci piring di sebuah mangkuk dan tambahkan air hangat, gunakan untuk membersihkan meja dan kursi di luar ruangan seperti di teras atau di taman. Setelah itu bilas dengan air.

3. Bersihkan perhiasan

Campurkan beberapa tetes sabun pencuci piring dengan air soda. Busa campuran ini akan membantu menghilangkan kotoran hingga ke sela-sela perhiasan.

Rendam perhiasan dalam campuran tersebut selama lima menit, kemudian gunakan gosok gigi bekas berbahan lembut untuk membersihkan noda yang menempel.

4. Bersihkan sisir dan sikat rambut

Siapkan mangkuk berisi air hangat dan teteskan sabun pencuci piring. Rendam sisir selama beberapa saat, kemudian bilas dengan air untuk membersihkannya.

5. Sebagai perangkap serangga

Tambahkan tiga tetes sabun pencuci piring dalam sebuah mangkuk berisi cuka. Bau cuka akan menarik serangga seperti lalat untuk menghampiri, sementara cairan sabun akan membuat serangga tenggelam.

6. Hilangkan noda karpet

Siapkan dua cangkir air hangat dan campurkan dengan satu sendok makan sabun pencuci piring. Rendam lap ke dalam campuran tersebut dan gosokkan ke noda yang mengenai karpet.

Ulangi hingga noda terserap ke dalam lap dan menghilang. Setelah itu gunakan spons yang sudah direndam air dingin dan keringkan dengan kain lap yang kering.

7. Bersihkan perlengkapan dapur

Ketika memasak, perlengkapan dapur lain seperti panci atau meja dapur bisa terkena cipratan minyak. Masukkan air hangat dan beberapa tetes cairan sabun pencuci piring ke dalam botol penyemprot untuk membersihkan noda minyak. Semprotkan dan seka dengan kain lap kering.

8. Noda minyak dan oli di garasi

Jika ada noda di lantai garasi, tuang baking soda pada noda itu lalu tuang cairan pencuci piring. Gosok dengan sikat dan biarkan sampai beberapa jam. Setelah itu, bilas dan ulangi langkah tersebut sampai noda menghilang.

Selamat mencoba.

Sumber: rumah.com
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android