Mata Merah Karena Iritasi Jangan Dianggap Remeh, Ini Cara Mengatasinya

Rubrik-sehat.com ~ Mata yang berwarna terlalu merah biasanya sedikit mengganggu ketika kita berbicara dengan orang lain. Beberapa gejala yang menunjukkan mata merah yaitu sakit, gatal, perih, berair sampai bengkak. Gejala-gejala ini menyebabkan penglihatan menjadi sangat samar.

Apa yang menyebabkan mata merah?

Banyak hal yang membuat mata nampak kemerahan. Sebabnya antara lain mata lelah, alergi, infeksi, mengalami luka di mata sampai penyakit-penyakit mata yang serius semacam ulkus pada kornea atau glukoma.

Berikut ini penjelasan penyebab mata merah:

1. Konjungtivitis
Ini merupakan infeksi yang paling umum dialami dan bisa menular. Konjungtivitis disebabkan adanya radang pada lapisan tipis yang menutup bola mata. Ini yang menjadi sebab mata bengkak, tampak merah dan terasa seolah-olah kesat. Radang pada mata bisa disebabkan oleh banyak hal yaitu debu, alergi, atau infeksi. Konjungtivitis yang disebabkan alergi biasanya menyerang dua bola mata sekaligus. Sedangkan konjungtivitis yang dikarenakan virus menimpa salah satu mata dahulu lalu mata yang lain. Konjungtivitis yang disebabkan oleh bakteri membuat mata  mengeluarkan kotoran atau kerak.

2. Mata Kering
Sindrom mata kering ini terjadi karena kelenjar air mata tidak bisa menghasilkan banyak cairan di mata. Kualitas dan kuantitasnya lebih rendah daripada kelenjar air mata normal. Ini yang menyebabkan mata menjadi sangat kering dan mudah iritasi lalu terlihat merah. Mata kering bisa jugi dipicu karena cuaca yang sangat panas atau berangin, menggunakan lensa kontak dalam waktu yang lama atau radang pada kelopak mata.

3. Mata lelah
Bekerja di depan komputer  dalam waktu yang terlalu lama bisa menyebabkan kelelahan pada mata yang luar biasa. Di depan komputer, mata menjadi jarang berkedip dan inilah yang lalu menyebabkan mata menjadi kering kemerahan. Jika bekerja di depan komputer, pastikan istirahat beberapa jam. Kemudian teteskan obat mata kalau memang sangat dibutuhkan supaya mata lembab.

4. Luka
Cedera pada mata akibat kecelakaan atau pasca operasi menyebabkan mata menjadi merah. Ini disebabkan pembuluh darah pada mata menjadi lebih lebar sehingga mengalirkan lebih banyak darah pada lokasi yang mengalami cedera supaya penyembuhannya lebih cepat.

Pengobatan Sementara

Jika mata tampak merah, lakukan beberapa hal ini supaya tidak bertambah buruk. Pertama, jangan pernah sesekali menyentuh mata yang terinfeksi karena bisa menular ke mata sebelahnya. Hindari penggunaan kontak lensa atau make up mata lebih dulu, lalu gunaka kain yang lembut dan bersih lalu dibasahi dan tempelkan pada mata. Ini dapat melebabkan dan membersihkan mata.

Jangan lupa untuk mengunjungi dokter mata secepatnya. Jika sakit mata dan disertai rasa mual atau sakit kepala, jangan menunda menemui dokter.
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android