Siapa Sangka dengan Markisa Asma Tak Kambuh lagi, Stamina Prima, Diet pun Jadi, Begini Caranya

Rubrik-sehat.com ~ Markisa banyak dijumpai dalam bentuk sirup, jus, dan selai selain bentuk buahnya yang berbiji banyak. Ternyata markisa sangat kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang tak banyak orang tahu.


Ada dua jenis Markisa di Indonesia yang umum diketahui yakni markisa ungu (passiflora edulis) dan markisa kuning (passiflora falavicarva).  Buah markisa yang asam tetapi menyegarkan ini sering diolah menjadi jus, sirup, dan selai karena rasanya yang enak.

Beruntung sekali bagi yang menyukai markisa, sebab buah ini memiliki banyak kandungan zat yang baik bagi kesehatan. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan:

1. Membersihkan saluran pencernaan.
Markisa mampu mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan seperti buang air besar, diare, sembelit, dan dapat mencegah wasir karena mengandung serat yang tinggi untuk membersihkan salura pencernaan.

2. Mencegah tumbuhnya sel kanker
Markisa mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi  untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat mencegah serta menghancurkan sel kanker didalam tubuh.

3Mengobati penyakit Asma
Rutin mengkonsumsi markisa juga dapat mengobati sesak nafas atau asma,  karena buah ini mengandung vitamin C dan zat lain yang dapat memblokir histamine penyebab asma.

4. Menambah tenaga
Jika kekurangan sel darah merah, maka tubuh akan sering mengalami kelelahan dan pusing. Tenaga pun berkurang. Tetapi dengan mengkonsumsi markisa, kandungan zat besi dalam buahnya bermanfaat untuk mencegah anemia, sebab zat besi dapat membantu pembentukan sel darah merah didalam tubuh

5. Meningkatkan imun
Mengkonsumsi markisa di siang hari sangat membantu menjaga dayan tahan tubuh (imun agar tak  mudah terserang penyakit yang diakibatkan perubahan cuaca dan virus.

6. Mengobati Insomnia
Anda sulit tidur? Markisa menjadi solusinya, sebab buah ini memiliki efek mengantuk bagi yang mengkonsumsinya, sehingga sangat baik untuk penderita insomnia.

7. Baik untuk diet
Buah markisa dapat dijadikan sebagai pendamping diet yang tepat, karena markisa kaya akan serat dan vitamin C serta rendah lemak, sehingga sangat ampuh dalam membantu membakar lemak didalam tubuh.

Markisa, juga bisa dijadikan olahan berbentuk minuman. Sirup markisa akan sangat disukai karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Berikut resep membuat sirup markisa:

Bahan:
- isi buah markisa kuning dan segar (500 gr)
- air (1000 ml)
- gula pasir (secukupnya)

Caranya:
- campur isi markisa dan 500 ml air kemudian diblender
- tuangkan kedalam pada panci
- masukkan gula pasir dan 500 ml air
- rebus hingga mendidih.
- buang buihnya kemudian saring dengan saringan halus.
- agar lebih nikmat tambahkan es sebelum sirup markisa ini diminum.

Selamat mencoba!
Sukai Artikel ini
Terimakasih!
Anda Telah Membaca Artikel Terbaru
Posting Lama
loading...
Aplikasi_Android