10 Cara Efektif Bersihkan Kotoran Telinga dengan Obat Alami Rumahan

Rubriksehat.com ~ Kotoran telinga mungkin sering disepelekan oleh kebanyakan orang. Tapi tahukah Anda jika kotoran telinga yang menumpuk lama kelamaan bisa menyebabkan seseorang kehilangan pendengarannya? Maka rajinlah bersihkan kotoran dalam telinga Anda.

Salah satu penyebab kotoran telinga diproduksi berlebihan yaitu karena kekurangan seng, magnesium dan asam lemak omega 3. Untuk membersihkan kotoran telinga yang berlebihan, gunakanlah obat rumahan yang alami.

Berikut beberapa obat rumahan yang bisa dicoba:

1. Minyak zaitun
Ini adalah bahan yang paling aman untuk membersihkan telinga. Caranya yaitu celupkan sepotong kapas dalam minyak zaitun yang masih hangat. Peras kelebihan minyaknya dan taruh kapas di telinga.  Keluarkan kapas 15 menit kemudian. Ulangi terus sampai kotoran berkurang.

2. Baby Oil
Baby oil terbilang lembut dan tidak memiliki efek samping apapun untuk setiap jenis kulit. Cara menggunakannya sama seperti minyak zaitun.

3. Alkohol dan cuka
Cara menggunakan dua bahan ini yaitu dengan mencampurkannya lalu menyemprotkan ke telinga sebanyak dua tetes. Ambil kapas yang lembut dan bersih. lalu pijat telinga di bagian dalam. Ulangi terus sampai kotoran terangkat.

4. Air garam
Air garam adalah obat terbaik untuk menghilangkan kotoran telinga. Buat larutan garam yang masih suam-suam kuku. Saat sudah siap, miringkan kepala ke samping dan teteskan secara perlahan ke dalam telinga. Posisikan kepala ke kondisi normal dan pakai kapas bola ke telinga. Ulangi proses ini sampai kotoran terangkat.

5. Air hangat
Cara menggunakan air hangat yaitu cucilah telinga dengan air hangat setelah mandi.

6. Minyak kelapa
Caranya yaitu dengan mengambil satu sendik minyak kelapa dan dipanaskan dengan api lilin. Setelah cukup hangat, celupkan kapas dan buang kelebihan minyak. Setelah itu pasang kapas yang berukuran kecil di telinga Anda.

7. Gliserin
Cara lainnya yaitu mengunakan gliserin. Teteskan 2-3 tetes gliserin ke telinga. Lalu bersihkan dnegan kapas bola. Ulangi sampai telinga bersih.

8. Bawang putih
Hancurkan bawang putih dengan memakai ulekan setelah itu masukkan bawang putih ke sendok dan panaskan di atas lilin. Teteskan minyaknya ke telinga. Cara ini terbilang sangat efektif.

9. Hidrogen Peroksida
Hidrogen Peroksida adalah bahan alami meskipun terdengar kimiawi. Caranya yaitu campurkan peroksida dnegan air dalam komposisi yang sama. Tuangkan cairan ke dalam kapas dna peras kapas lalu masukkan cairan ke telinga.

10. Cuka apel
Cuka apel adalah salah satu resep rumahan yang terbilang efektif untuk membersihkan lendir di telinga. Miringkan kepala ke samping dan teteskan 2 atau 3 tetes cuka apel.




Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android