Ternyata Banyak Yang Belum Tahu Manfaat Luar Biasa Daun Serai, Jangan Remehkan Khususnya Wanita

Rubrik-sehat.com ~ Siapa yang tidak tahu dengan serai? Bahan ini bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh atau untuk memasak. Serai sangat cocok dikonsumsi sebagai wedang saat musim penghujan tiba. Minuman serai bisa membuat badan hangat dan sehat.

Tanaman serai sangat mudah ditemukan pada baik pada pasar maupun di pekarangan rumah. Tanaman ini sangat subur dan bisa tumbuh di mana saja. Serai memiliki banyak khasiat yaitu untuk detoksifikasi, meredakan kejang, antirematik, dan sifatnya diuretik. Manfaat lain dari serai adalah mengatasi permasalahan pada pernafasan, nyeri, infeksi, demam dan edema.

Antiobiotik yang ada pada serai bisa untuk menjaga stabilitas kolesterol, imun, kulit, syaraf, kesehatan selular. Serai juga bisa mengatasi diabetes, kanker dan meredakan obesitas. Serai bisa mengurangi rasa cemas, lelah dan aroma tubuh menjadi lebih segar.

Menurut hasil riset, serai efektif membunuh sel kanker tanpa mempengaruhi sel tubuh yang normal. 100 gram serai mengandung antioksidan yang bisa mencegah terjadinya kanker. Tim riset asal Israel menemukan bahwa serai mengandung senyawa yang efektif membunuh sel kanker.

Antikanker ini bisa mencegah kanker kulit, kanker hati dan kanker payudara. Daun serai juga bisa menjaga kecantikan dan memperindah kulit. Itulah khasiat kosmetik yang ada pada daun serai. Selain itu, serai bisa untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membantu membersihkan organ-organ dari racun yang menempel. Detoksifikasi melancarkan organ tubuh khususnya ginjal dan hati.

Kandungan diuretik pada serai bisa meningkatkan  frekuensi membuang air kecil sehingga kesehatan pencernaan tetap terjaga. Serai melakukan fungsi detoksifikasinya dengan meningkatkan jumlah buang air kecil.

Lalu bagaimana memanfaatkan serai?

1. Obat Batuk
Jika ingin menggunakan serai sebagai obat batuk. Siapkan beberapa bahan seperti setengah jari kayu manis, 7 biji cengkih, 7 biji kapulaga, dan 1 jempol jahe bakar. Rebus semua dengan sedikit garam dan gula merah. Minum air rebusan ini pada sore dan pagi hari supaya batuk bisa menghilang.

2. Detoksifikasi/ Mengeluarkan Racun  
Jika ingin menggunakan serai untuk detoksifikasi tubuh, maka siapkan 70 gram serai dan rebus dalam air 100 cc. Minum rebusan itu pada pagi hari sebelum makan atau minum. Satu jam kemudian, baru sarapan/makan makanan yang lain.

3. Mencegah Kanker
Untuk mencegah kanker, rebus 100 gram serai dalam 2 gelas air. Panaskan sampai 15 menit lamanya dan konsumsi pada pagi serta sore hari masing-masing setengah gelas ketika diminum.

4. Obat Asam Urat
Untuk mengatasi asam urat, siapkan 10 lembar daun salam dan 700 cc air serta 2 batang serai. Rebus hingga bersisa 200 cc lalu minum airnya ketika masih hangat 1 atau 2 gelas per hari.

5. Obat RematikRebus 7 batang serai, segenggam daun jeruk nipis dalam enam gelas air hingga mendidih, lalu campur dengan air dingin seperlunya, untuk berendam tak lebih lebih dari 1/2 jam. Lakukan teratur hingga sembuh.

Semoga informasi ini bermanfaat. Bagiakan kepada teman dan keluarga yang membutuhkan. Selamat mencoba!

Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android