Inilah Manfaat Medis Tidur Miring ke Kanan sesuai Anjuran Rasulullah

Rubrik-sehat.com ~ Salah satu hal yang sering dilupakan banyak orang adalah posisi tidur. Ketika tidur, orang cenderung mencari posisi yang membuat tidurnya pulas. Tanpa mempedulikan apakah posisi tersebut baik untuk kesehatan atau tidak. Posisi tidur yang baik adalah yang menghadap ke sebelah kanan.

Rasulullah pun menganjurkan agar tidur miring ke kanan meskipun kadang sejenak juga miring ke kiri. 

Hendaknya mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal dengan tangan kanan, tidak mengapa apabila setelahnya berubah posisinya di atas sisi kiri (rusuk kiri sebagai tumpuan). Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah:


“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,”  (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).
Lalu apa manfaatnya dari segi medis?


Berdasar sejumlah penelitian, posisi tidur berkaitan dengan kesehatan. Berdasar studi yang dilakukan pada 2003, sebagaimana dimuat The Journal of American College of Cardiologi –yang dimuat New York Times 21 Februari 2011, tidur dengan posisi miring ke kanan lebih aman daripada miring ke kiri.

Selain itu banyak juga manfaat jika membiasakan tidur menghadap ke kiri, 
berikut penjelasannya:

1. Mengurangi beban/ kegagalan Jantung
Jantung manusia berada di sebelah kiri. Jika seseorang tidur menghadap ke kanan, itu akan mengurangi beban jantung. Jika manusia tidur menghadap ke kiri, jantung akan menerima aliran darah yang berlebihan. Denyut jantung akan lebih cepat padahal jantung perlu beristirahat.

2. Mengistirahatkan otak kiri
Alasan tidur harus menghadap ke kanan adalah bisa mengistirahatkan otak kiri. Kenapa otak kiri harus diistirahatkan? Otak kiri mempunyai fungsi membantu organ-organ yang berada di sebelah kanan agar bisa bekerja dengan baik misalnya makan, memegang sesuatu atau aktivitas lainnya yang membutuhkan sisi tubuh sebelah kanan. Kalau tidur menghadap kek kanan, kinerja otak kiri akan lebih rileks untuk menyokong organ kerja sebelah kanan.

3. Menjaga paru-paru
Paru-paru manusia sebelah kiri lebih kecil daripada sebelah kanan. Jika kita tidur menghadap ke kanan, jantung tak akan membebani paru-paru kanan. Kalau tidur sebelah kiri, paru-paru kiri akan terbebani oleh jantung.

Nah, sudah jelas kini posisi tidur yang paling baik adalah menghadap ke kanan. Setelah mengetahui alasan harus tidur ke kanan, maka lakukanlah karena hal ini ternyata juga dilakukan oleh Rasulullah SAW. [Rubrik-sehat.com/Tribunnews/ Dream]
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android