Sepintas Tak Berguna, Ternyata Tanaman Patikan Kebo ini Ampuh Obati 13 Penyakit, Begini Caranya

Rubrik-sehat.com ~ Jika anda menemui tanaman ini, kemungkinan anda berpendapat bahwa ini adalah tanaman yang tidak berguna dan pengganggu. Namun, Tuhan tidak mungkin menciptakan sesuatu tanpa ada manfaat. Begitu juga dengan tanaman Patikan Kebo ini.

Menurut riset, ekstrak etanol dari Patikan Kebo mempunyai aktivitas antimikroba yang paling tinggi yaitu pada bakteri Salmonella Typhi yang menyebabkan tipus. Sedangkan ekstrak daun, batang, bunga serta akar Patikan kebo mempunya aktivitas anti-oksidan yang paling tinggi. Penelitian menunjukan bahwa tanaman Patikan Kebo mempunyai aktivitas larvasida serta pupisida pada vektor nyamuk Anopheles stephensi.

Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan tanaman ini antara lain:

1. Influenza
Siapkan daun Patikan Kebo ½ gengggam lalu dicuci dan direbus dengan menggunakan air bersih 3 gelas sampai tersisa ¾ nya. Saring dan tambahkan madu. Konsumsi 2 kali sehari.

2. Bronchitis
Siapkan daun Patikan Kebo 1/3 genggam lalu bersihkan. Setelah itu, giling sampai halus. Tambahkan ¾ air lalu 1 sdm madu. Peras dan saring airnya. Minum 2 kali sehari.

3. Batuk
Siapkan daun Patikan Kebo yang masih segar sebanyak 20 gram dan rebus dengan air sebanyak 2 gelas selama 15 menit. Saring serta minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

4. Disentri
Siapkan daun Patikan Kebo sebanyak 1525 gr. Tambahkan gula pasir (bila berdarah) atau gula enau (bila berlendir). Berikan air sekedarnya lalu ditim selama 15 menit. Minum.

5. Kencing tidak lancar
Siapkan Patikan Kebo yang masih segar lalu tambahkan air dan rebus. Minum 2 kali sehari.

6. Bisul atau abses
Siapkan Patikan Kebo 60 gr dan tambah 120 gr tahu putih lalu ditim 15 menit dan konsumsi.

7. Thypus Abdominalis
Siapkan Patikan Kebo yang masih segar 30150 gram dan rebus dengan air secukupnya. Minum 3 kali sehari.

8. Radang ginjal
Siapkan Patikan Kebo kering 69 gr atau 3060 gr yang masih segar lalu rebus dan diminum.

9. Eksim
Siapkan Patikan Kebo 90 gr ditambah dengan setengah liter alkohol 70%. Rendam selama 35 hari untuk bersihkan eksim.

10. Radang tenggorok
Seduh daun Patikan Kebo dengan air panas. Gunakan untuk kumur waktu hangat.

11. Asma
1 genggam Patikan Kebo kering lalu rebus dengan 23 gelas air sampai mendidih. Saring serta minum 2 kali sehari. ½ gelas pagi dan sore hari.

12. Radang Payudara
Satu genggam daun Patikan Kebo ditambah 2 sendok makan kedelai. Rebus dengan 35 gelas air sampai mendidih. Minum 2 kali sehari 1 cangkir.

13. Sembuhkan mata merah
Teteskan getah tanaman Patikan Kebo pada mata merah 2 kali sehari sampai sembuh.

Tanaman ini bernama latin Euphorbhia hirta L. Masyarakat Indonesia mengenalnya dengan berbagai nama seperti, gelang susu/ nanangkaan (sunda), kukon-kukon (Jawa), juga disebut sosononga (Maluku).

[Rubrik-sehat/ Infoherbalis]
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android