Begini Posisi Tidur yang Harus Dihindari dan Dilakukan oleh Ibu Hamil

Posisi Tidur yang Harus Dihindari dan Dilakukan oleh Ibu Hamil
Rubrik-sehat.com ~ Ketika sedang hamil, seorang wanita cenderung mencari posisi tidur yang paling nyaman di kasur. Tapi ternyata posisi tidur yang enak untuk bumil (ibu hamil) sulit ditemukan. Posisi yang sebelumnya nyaman saat sedang tidak hamil menjadi tidak nyaman ketika hamil.

Ada beberapa penyebab yang menimbulkan ketidaknyamanan bumil saat akan tidur tetapi ternyata ada banyak posisi tidur yang menolong mereka untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

Wanita hamil menjadi tidak nyaman dengan posisi tidur yang normal saat sedang tidak hamil karena ketika mengalami kehamilan, tubuh mengalami banyak perubahan mulai dari hormon sampai bentuk tubuh. Perubahan-perubahan inilah yang menyebabkan ketidaknyamanan saat tidur.

Bagaimana posisi tidur yang baik ketika hamil?

Ketika memilih posisi tidur, maka pilihlah yang nyaman sehingga ibu dan janin terjaga dengan baik. Posisi tidur yang baik untuk wanita yang sedang hamil adalah miring ke samping atau biasa disebut “Sleep on Side” (SOS).

Untuk wanita hamil, disarankan posisi miring ke sebelah kiri agar asupan darah dan jumlah nutrisi ke janin maksimal.

Tambahkan banyal di tengah dan tekuk kedua kakimu. Jika terasa nyeri di perut atau punggung, segera pindahkan bantal di bawah perut.

Jika timbul masalah seperti nyeri di ulu hati, lakukan konsultasi ke dokter kandungan berkaitan dengan posisi tidur yang diizinkan sesuai dengan umur kehamilan.

Di samping posisi SOS tadi, bumil juga bisa tidur bersandar. Bersandar di bantal yang ditinggikan bisa menjadi alternatif supaya tidur bisa lebih nyaman.


Posisi yang Harus Dihindari

Ada beberapa posisi tidur yang tidak diizinkan untuk wanita yang sedang hamil yaitu tidur dalam posisi terlentang saat usia kehamilan sampai 16 minggu.

Pada posisi terlentang, semua berat rahim akan bertumpu pada bagian belakang tubuh yaitu vena cava inferior dan usus. Selain itu, posisi ini beresiko meningkatkan penyakit wasir, pencernaan, sakit pinggang dan gangguan saluran nafas.

Semoga bermanfaat.
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android