Digigit Ular Atau Tertusuk Besi Berkarat, Jangan Panik! ini Pertolongan Pertama Yang benar

Rubrik-sehat.com ~ Satu hal yang buruk dan ditakuti oleh manusia adalah serangan dari hewan-bewan berbisa seperti ular, kalajengking, lipan. Bisa juga khawatir menderita infeksi akibat terkena benda-benda yang sudah karatan.

Sebelum hal buruk ini menimpa anda atau orang-orang tersayang, ada baiknya anda mengetahui bagaimana melakukan pertolongan pada korban hewan berbisa supaya racun tidak menyebar di tubuh.

Ini adalah langkah-langkah menolong korban gigitan hewan berbisa agar racun tak menyebar:

Jaga saja dia agar tetap tenang dan diam agar racun tidak cepat menyebar. Ikat tangan atau kaki atau bagian lain yang tergigit ular menggunakan kain agar racun tidak menyebar ke pembuluh darah hingga ke jantung. Jangan mencoba menghisap racun karena juga berbahaya untuk anda.  Siapkan satu sendok makan minyak goreng yang masih bersih/belum dipakai. Ambil kain perca dan sobek dengan ukuran yang agak besar. Kalau tidak ada boleh menggunakan bekas pakaian yang berbahan benang atau kapas.

Kemudian, sediakan satu buah korek api. Gulunglah kain perca kemudian celupkan bagian ujung ke dalam minyak goreng. Bakar bagian yang sudah dibasahi oleh minyak. Biarkan kain menyala beberapa saat lalu tempelkan pada bagian yang tergigit atau terkena benda berkarat. Lakukan sebanyak 8-10 kali langkah ini namun jangan sampai lebih 10 kali karena bisa mengakibatkan luka bakar pada kulit.

Setelah melakukan pertolongan pertama, segera bawa korban ke rumah sakit atau dokter terdekat untuk mendapatkan pertolongan lanjutan.
Sukai Artikel ini
loading...
Aplikasi_Android